Wednesday, October 21, 2015

Dalam dunia periklanan online tentu kita sudah mengenal yang disebut PPC (Paid Per Click) dan PTC (Paid To Clik). Persamaan dari PPC dan PTC adalah kita akan diberikan komisi dari klik iklan. Perbedaannya terletak pada siapa yang dibayar atau diberikan komisi.
Apabila kita memiliki blog atau website dan kita memasang iklan, maka kita akan dibayar apabila ada pengunjung yang mengkilik iklan di website kita. Dengan kata lain, PPC membayar pemasang iklan. Sedangkan PTC membayar pengunjung yang mengklik iklan.
Dalam bisnis iklan online setidaknya ada 3 atau 4 pihak yang terlibat, yaitu Pemilik Iklan (Advertiser), Pemasang Iklan (Biasanya Pemilih Situs/Blog), Pengunjung Iklan (pengguna internet), dan Fasilitator yaitu google atau search engine lain.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan (pihak ke-1) mendaftarkan produk ke google (pihak ke-2) untuk diiklankan, dan tentunya membayar kepada pihak google, maka google akan membuat atau menyediakan skrip (biasanya dalam bentuk kode HTML) untuk pemilik website atau blog. Pemilik website atau blog (pihak ke-3) akan menampilkan iklan tersebut di website atau blog miliknya. Apabila ada yang mengunjungi blog tersebut (pihak ke-4) yang mengklik, maka pihak ke-3 akan mendapatkan komisi dari tiap klik iklan tersebut, dengan harapan pihak ke-4 tertarik dan membeli produk pihak ke-1.
Maka dalam hal ini dapat disederhanakan :
  • Pihak ke-1 membayar pihak ke-2 untuk mempublikasikan produknya
  • Pihak ke-2 memberikan komisi kepada pihak ke-3 karena membantu mempublikasikan produk.
  • Pihak ke-4 mendapat produk yang diinginkan dari pihak ke-1.
  • Pihak ke-1 mendapatkan keuntungan dari penjualan produk kepada pihak ke-4.
Jadi, dalam hal ini, PPC saling memberikan keuntungan.

Aturan PPC tidak memperbolehkan penyedia iklan mengklik iklannya sendiri, kalaupun dilakukan sendiri harus dari komputer yang berbeda atau menyuruh orang untuk mengklik iklan di website kita. Tetapi hal ini dapat terdeteksi oleh fasilitator iklan, dalam hal ini google karena biasanya iklan PPC disediakan google Adsense.
Apabila kita daftar di google adsense, maka IP adress kita akan dikenali dari jaringan internet. Misalkan, saya mengunjungi blog http://qearnfromptc.blogspot.co.id secara langsung, tidak menggunakan kata kunci seperti earn from ptc, bisnis ptc atau kata kunci lain. Maka jika saya sering melakukannya walaupun dari komputer yang berbeda atau menyuruh orang lain mengklik iklan, maka google akan menganggap ada konspirasi publisher (penampil iklan) dengan pengunjung. Akibatnya, semua penghasilan kita tidak akan diberikan, dan akun kita akan di banned.
Untuk itulah orang mulai berfikir bagaimana caranya dapat menghasilkan uang dengan mengklik sendiri, maka muncullah situs-situs PTC.

Itu hanya pendapat saya, kalau ada yang lebih tahu, silakan sharing !
Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

Translate This Site !

Categories

Exchanger

My Best PTC











Last Payment

Familyclix5th07-04-17Proof
Neobux3rd13-01-17Proof
Grandbux2nd12-01-17Proof

Page View

Visitors

Flag Counter